Kemarin saya iseng iseng cari kiat kiat sukses untuk menempuh SNMPTN.. Ya, itu jadi pikiran galau saya selama ini.. Kira kira sanggupkah saya nanti menempuh SNMPTN..?? BISA!! Insyaallah sanggup..!! Tapi, yang jadi masalah gimana cara ngilangin galau SNMPTN ini..?? Ternyata isengnya saya ini membuahkan hasil.. Saya memdapatkan E-book yang cukup inspiratif, yang dapat membantu sahabat-sabahatku ini untuk menghilangkan galau SNMPTN.. Oke, silahkan didownload E-booknya.. Walaupun ini ver 1.5 terbitan tahun 2009 tapi masih bermanfaat kok..
CEKIDOT!!
File type : .pdf
Size : 1.4 MB
Choose one server below
Server 4shared.com
http://www.4shared.com/file/117341013/812959b3/Strategi_Lulus_SNMPTN_SPMB_for_Dummies_15_Pro.html
Server ziddu
http://www.ziddu.com/download/5559696/StrategiLulusSNMPTNSPMBforDummies1.5Pro.pdf.html
Sumber: http://yorigroup.wordpress.com/2009/03/28/ebook-strategi-lulus-snmptn-spmb-umptn-telah-terbit/
CEKIDOT!!
File type : .pdf
Size : 1.4 MB
Choose one server below
Server 4shared.com
http://www.4shared.com/file/117341013/812959b3/Strategi_Lulus_SNMPTN_SPMB_for_Dummies_15_Pro.html
Server ziddu
http://www.ziddu.com/download/5559696/StrategiLulusSNMPTNSPMBforDummies1.5Pro.pdf.html
Sumber: http://yorigroup.wordpress.com/2009/03/28/ebook-strategi-lulus-snmptn-spmb-umptn-telah-terbit/
Sukses SNMPTN!!
Bismillah.. Mulai hari ini 31 Desember 2011, saya akan menjadi pribadi yang baru dan lebih baik..
Yosh!! Bismillah..!!~ :D
Saya Yoga Ady Samudra dengan ini menjatakan perubahan diri.
Hal2 jang mengenai kemalasan, maksiat, hedonisme d.l.l., dihindari
dengan tjara seksama dan tidak akan dilakukan sesingkat apapun.
Djakarta, 31-12-11
Calon pemimpin Dunia.
Yoga Ady Samudra
Yosh!! Bismillah..!!~ :D
Agoy Reborn..!!
Hari ini, Minggu 2 Oktober 2011.. Diadakan dauroh undangan dari FKAR (Forum Komunikasi Alumni Rohis) di Al-Amin.. Tapi sayang banget yang dateng gak se-rame biasanya, apalagi anak kelas 12 nya.. Bisa dihitung pake jari.. Ckckck..
Padahal lumayan seru lho.. Nyesel deh yang gak ikut.. Apalagi acara intinya kita makan-makan pake ayam bakar.. Haha.. Tapi memang semuanya punya prioritasnya masing masing, oleh karna itu saya buatin deh rangkuman dauroh tadi buat kawan-kawan Rohis 90..
Materi I - Organisasi
Apasih organisasi itu??
Menurut kakak mentor kita yang baik hati, kak Cepi.. Yang namanya Organisasi itu:
-Lebih dari 1 orang
-Punya tujuan (visi dan misi)
-Punya struktur
Kak Cepi juga menjelaskan seksi-seksi yang ada di Rohis 90 (Dakwah, Media, BCC, PSDM, DKM) beserta tugas Badan Pengurus Harian (BPH)nya.. Udah pada pinterkan?? Ya udah, gak perlu dijelasin lagi ya..
Landasan Syuro
Dalam organisasi itu pastilah ada yang namanya rapat atau syuro.. Sebenarnya yang melandasi adanya syuro itu tercantum lho di Al-Qur'an, Asy-Syuura ayat 38:
Saya baru sadar, kata Syuro diambil dari nama surat ini.. ~_~
Persiapan Syuro
Perlu adanya persiapan syuro diantaranya:
- Urgersi Syuro. Nanti di syuro mau ngapain??
- Peserta. Siapa saja yang diudang untuk syuro??
- Waktu Syuro. Rencanakan waktu mulai dan berakhirnya syuro..
- Agenda Syuro. Apakah menjadi rutin atau tidak?? Agendakan yang akan disyurokan..
- Persiapan Peserta. Peserta syuro sebaiknya menyiapkan bahan syuronya..
- Persiapan Sarana.
- Kehadiran. Pemimpin menjadi contoh datang awal, bila peserta telat dikenakan iqab..
Syuro Yang Tidak Efektif
Syuro tidak akan efektif bila:
- Syuro rutin tanpa agenda.
- NATO, tidak diambilnya keputusan.
- Tidak ada mekanisme syuro.
- Manajemen konflik lemah.
- Dinamika kelompok yang kurang.
- Individu yang mendominasi.
Nah dengan ini materi dari kak Cepi selesai dan beralih ke materi 2 dari kak Malik..
Materi II - Remaja Berkualitas
Pada materi ini kak Malik membimbing kita agar menjadi remaja yang berkualitas.. Langsung aja deh..
Karakteristik Remaja
Berikut ini karakteristik remaja berkisar 13-18 tahun:
- Mencari Identitas
- Perubahan Fisik
- Keterikan dengan lawan jenis.
- Kedekatan dengan peer grup.
- Sikap (terkadang) negativistik.
- Ingin dianggap mampu dan dewasa.
- Mulai muncul rasa tanggung jawab akan masa depan.
Btw, untuk apasih kita mengenali karakteristik diri kita?? Tadi kak Malik mensertakan hadist berikut:
Namun kita masih bisa kok mendapat inti yang sama pada surat Al-Fushshilat ayat 53..
Ok jadi itulah mengapa kita harus mengenali diri kita sendiri.. Lanjut gan..
Remaja Yang Berkualitas
Yang dimaksud remaja berkualitas adalah remaja yang memiliki kualitas yang baik dari segi fisik, IQ, bakat & keterampilan, afektif, koqgnitif dan juga spiritual..
--==Kualitas Fisik==--
Sehat jasmani dan berkembang sesuai usianya.. Kalo kata iklan susu "Tumbuh tuh keatas gak kesamping.." Haha.. Lalu juga kuat dan tidak sakit-sakitan..
Tipsnya agar berkualitas fisiknya:
- Seimbang mengkonsumsi makanan.
- Tidak mengkonsumsi narkotika / NAPZA.
- Istirhat yang cukup.
- Olahraga.
- Tidak melakukan pergaulan bebas atau aktivitas seksual yang berbahaya bagi kesehatan.
--==Kualitas Kognitif==--
Ciri remaja dengan kualitas kognitif baik adalah:
- Itelegensi optimal
- Berfikir abstark, penalaran baik.
- Mempertimbangkan aspek moralitas berdasarkan kebenaran, kejujuran dan keadilan.
- Kreatif dan inovatif.
Sedangkan remaja yang kurang dewasa atau kualitas kognitif buruk berciri:
- Idealisme/kritis yang berlebihan.
- Beragumen untuk hal yang tidak penting/benar.
- Seulit membuat keputusan.
- Idealisme tidak sesuai dengan tingkah laku.
- Orangnya GR-an.
- Dan bersifat egois.
Nah berikut ini tips agar kita dapat menjadi remaja dengan kualitas kognitif yang baik:
- Belajar yang benar.
- Membacamanga hal yang bermanfaat.
- Beraktivitas organisasi.
- Belajar membuat keputusan.
- Menyelaraskan idealisme dengan kenyataan.
- Berlatih untuk berpendapat / kritis yang tepat.
- Belajar menulis pendapat dengan runtut.
- Berlatih berfikir divergen (kreatif & inovatif).
--==Kualitas Psikomotor==--
Remaja dengan kualitas psikomotor baik memiliki ciri:
- Punya life skills.
- Keterampilan sesuai dengan minat dan bakat.
- Keterampila yang bermanfaat bagi lingkungan.
- Keterampilan interaksi sosial yang baik.
- Memberi kesan "Gak ada loe gak rame"
- Membuat orang lain senang dengan kehadirannya.
Tipsnya adalah:
- Memperbaiki hubungan.
- Menjadi prilaki.
- Berani mencoba sesuai minat dan bakat.
- Tekun berlatih.
- Pantang menyerah.
- Fokus.
--==Kualitas Spiritual==--
Ciri remaja dengan kualitas spiritual yang baik:
- Punya visi hidup.
- Punya prinsip hidup yang mengarah (agama).
- "Bikin hidup lebih hidup" alias hidupnya bermakna.
- Mendapat kepuasan dengan berbuat atau memberi kepada sesama.
Nah ini tipsnya untuk meningkatkan kualitas spiritual:
- Kontemplasi visi hidup. (jangan tanya saya juga bingung..)
- Memperdalam agama.
- Ngobrol dengan banyak kalangan terutama yang mencerahkan.
- Perhatikan dunia secara lebih luas, pikirkan apa yang dapat kau lakukan.
- LIbatkan diri secara totalilas pada setiap aktivitas yang telah dipilih.
- Bacamanga koran, nonton anime TV, dan mendengar suara seiyu radio.
--==Kualitas Motivasi==--
Ciri yang memiliki kualitas motivasi baik adalah:
- "Ku tahu yang ku mau" alias punya misi hidup.
- Memiliki tanggung jawab.
- Endurance tinggi.
- Punya daya dorong untuk mencapai puncak.
- Tidak menyerah.
- Dinamis.
Tipsnya adalah:
- Kenali keinginan diri.
- Rencanakan misi hidup.
- kembangkan potensi.
- Ambil tanggung jawab.
- Lakukan yang berarti bagi diri kita.
- Berbuatlah untuk orang lain.
--==Kualitas Afektif==--
Wah akhirnya nih kualitas yang terakhir.. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Mengenali emosinya.
- Memiliki sifat empati.
- Bersifat Asertif, tidak submisif ataupun agresif.
- Hubungan yang akrab & banyak teman.
- Harmonis dalam bekerja sama.
- Humoris tapi tidak menyakiti.
Dan tips agar menjadi remaja dengan kualitas afektif adalah:
- Melatih kecerdasan emosi.
- Mengenali kecenderungan & sifat diri.
- Pahamilah orang lain dari sudut pandangannya.
- Berlatih bekerja sama.
- "Im OK, are you OK?" Bersikap asertif.
- Mau membuka diri agar dipahami.
Nah itu bagian bagian dari remaja yang berkualitas.. Bosen ya?? Sayang sih tadi gak dateng padahal kak Malik membawakan materi ini dengan baik, seru dan asyik lho.. Haha..
Jika kita ibaratkan, remaja berkualitas ini ibarat KIJANG.. KIJANG?? Ya KIJANG:
Salamatu SHADR
Kak malik juga bagi tips nih biar ukuwah kita tetap terjaga yaitu:
- Berjabat tangan
- Memberi salam
- Senantiasa ramah
- Bertukar hadiah
- Memberi selamat.
- Saling mendo'akan
- Dan saling menyatakan cinta.
Tipe Tipe Manusia
Kak malik juga menjelaskan macam macam jenis dari manusia..
Ada yang sanguinis, melankolis, koleris dan plegmagtis.. Saya capek jelasinnya jadi langsung cek aja ya kamu termasuk golongan yang mana..
Klik sini aja.. (Pakai aplikasi facebook) Kuis Tipe Manusia
Materi III - Probleme Solving
Karna tadi malam saya belajar kimia hingga pagi, jadi saya sudah mulai ngantuk pada materi ini.. Namun saat terbangun saya nyeletuk "Commitment is the key of success!!" jadi saya rasa itu inti dari materi ini.. XD
============================================
Semoga bermafaat, yang nulis gak keberatan kok di do'akan agar menjadi anak yang sholeh, berbakti pada tanah air, bermanfaat bagi orang banyak, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, pintar, cakep luar dalem dan banyak duit.. Haha.. Amieen..
Kalo mau copas copas aja, ilmu bukan punya saya kok.. Ilmu adalah rahmat dari yang Maha Mengetahui untuk semua orang..
Padahal lumayan seru lho.. Nyesel deh yang gak ikut.. Apalagi acara intinya kita makan-makan pake ayam bakar.. Haha.. Tapi memang semuanya punya prioritasnya masing masing, oleh karna itu saya buatin deh rangkuman dauroh tadi buat kawan-kawan Rohis 90..
Materi I - Organisasi
Apasih organisasi itu??
Menurut kakak mentor kita yang baik hati, kak Cepi.. Yang namanya Organisasi itu:
-Lebih dari 1 orang
-Punya tujuan (visi dan misi)
-Punya struktur
Kak Cepi juga menjelaskan seksi-seksi yang ada di Rohis 90 (Dakwah, Media, BCC, PSDM, DKM) beserta tugas Badan Pengurus Harian (BPH)nya.. Udah pada pinterkan?? Ya udah, gak perlu dijelasin lagi ya..
Landasan Syuro
Dalam organisasi itu pastilah ada yang namanya rapat atau syuro.. Sebenarnya yang melandasi adanya syuro itu tercantum lho di Al-Qur'an, Asy-Syuura ayat 38:
وَٱلَّذِينَ ٱسْتَجَابُوا۟ لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَىٰ بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ
Artinya: Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan salat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
Saya baru sadar, kata Syuro diambil dari nama surat ini.. ~_~
Persiapan Syuro
Perlu adanya persiapan syuro diantaranya:
- Urgersi Syuro. Nanti di syuro mau ngapain??
- Peserta. Siapa saja yang diudang untuk syuro??
- Waktu Syuro. Rencanakan waktu mulai dan berakhirnya syuro..
- Agenda Syuro. Apakah menjadi rutin atau tidak?? Agendakan yang akan disyurokan..
- Persiapan Peserta. Peserta syuro sebaiknya menyiapkan bahan syuronya..
- Persiapan Sarana.
- Kehadiran. Pemimpin menjadi contoh datang awal, bila peserta telat dikenakan iqab..
Syuro Yang Tidak Efektif
Syuro tidak akan efektif bila:
- Syuro rutin tanpa agenda.
- NATO, tidak diambilnya keputusan.
- Tidak ada mekanisme syuro.
- Manajemen konflik lemah.
- Dinamika kelompok yang kurang.
- Individu yang mendominasi.
Nah dengan ini materi dari kak Cepi selesai dan beralih ke materi 2 dari kak Malik..
Materi II - Remaja Berkualitas
Pada materi ini kak Malik membimbing kita agar menjadi remaja yang berkualitas.. Langsung aja deh..
Karakteristik Remaja
Berikut ini karakteristik remaja berkisar 13-18 tahun:
- Mencari Identitas
- Perubahan Fisik
- Keterikan dengan lawan jenis.
- Kedekatan dengan peer grup.
- Sikap (terkadang) negativistik.
- Ingin dianggap mampu dan dewasa.
- Mulai muncul rasa tanggung jawab akan masa depan.
Btw, untuk apasih kita mengenali karakteristik diri kita?? Tadi kak Malik mensertakan hadist berikut:
MAN ‘ARAFA NAFSAHU FAQAD ‘ARAFA RABBAHUNamun setelah saya telusuri ada yang berpendapat hadist ini palsu..
(Siapa yang kenal kenal dirinya akan Mengenal Alloh)
“Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka sungguh dia akan mengenal Rabb (Tuhan)-Nya”.
Syaikh Al-Albaniy -rahimahullah- dalam Adh-Dha’ifah (1/165) berkata, “Hadits ini tidak ada asalnya” [Adh-Dha’ifah (1/165)]. An-Nawawiy berkata, “Hadits ini tidak tsabit (tidak shahih)”Al-Maqashid (198) oleh As-Sakhowiy]. [
As-Suyuthiy berkata, “Hadits ini tidak shahih” [Lihat Al-Qoul Asybah (2/351 Al-Hawi)].
Ringkasnya, hadits ini merupakan hadits palsu yang tidak ada asalnya. Oleh karena itu, seorang muslim tidak boleh mengamalkannya, dan meyakininya sebagai sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Namun kita masih bisa kok mendapat inti yang sama pada surat Al-Fushshilat ayat 53..
سَنُرِيهِمْ ءَايَٰتِنَا فِى ٱلْءَافَاقِ وَفِىٓ أَنفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ ۗ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُۥ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍۢ شَهِيدٌ
Artinya: Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?
Ok jadi itulah mengapa kita harus mengenali diri kita sendiri.. Lanjut gan..
Remaja Yang Berkualitas
Yang dimaksud remaja berkualitas adalah remaja yang memiliki kualitas yang baik dari segi fisik, IQ, bakat & keterampilan, afektif, koqgnitif dan juga spiritual..
--==Kualitas Fisik==--
Sehat jasmani dan berkembang sesuai usianya.. Kalo kata iklan susu "Tumbuh tuh keatas gak kesamping.." Haha.. Lalu juga kuat dan tidak sakit-sakitan..
Tipsnya agar berkualitas fisiknya:
- Seimbang mengkonsumsi makanan.
- Tidak mengkonsumsi narkotika / NAPZA.
- Istirhat yang cukup.
- Olahraga.
- Tidak melakukan pergaulan bebas atau aktivitas seksual yang berbahaya bagi kesehatan.
--==Kualitas Kognitif==--
Ciri remaja dengan kualitas kognitif baik adalah:
- Itelegensi optimal
- Berfikir abstark, penalaran baik.
- Mempertimbangkan aspek moralitas berdasarkan kebenaran, kejujuran dan keadilan.
- Kreatif dan inovatif.
Sedangkan remaja yang kurang dewasa atau kualitas kognitif buruk berciri:
- Idealisme/kritis yang berlebihan.
- Beragumen untuk hal yang tidak penting/benar.
- Seulit membuat keputusan.
- Idealisme tidak sesuai dengan tingkah laku.
- Orangnya GR-an.
- Dan bersifat egois.
Nah berikut ini tips agar kita dapat menjadi remaja dengan kualitas kognitif yang baik:
- Belajar yang benar.
- Membaca
- Beraktivitas organisasi.
- Belajar membuat keputusan.
- Menyelaraskan idealisme dengan kenyataan.
- Berlatih untuk berpendapat / kritis yang tepat.
- Belajar menulis pendapat dengan runtut.
- Berlatih berfikir divergen (kreatif & inovatif).
--==Kualitas Psikomotor==--
Remaja dengan kualitas psikomotor baik memiliki ciri:
- Punya life skills.
- Keterampilan sesuai dengan minat dan bakat.
- Keterampila yang bermanfaat bagi lingkungan.
- Keterampilan interaksi sosial yang baik.
- Memberi kesan "Gak ada loe gak rame"
- Membuat orang lain senang dengan kehadirannya.
Tipsnya adalah:
- Memperbaiki hubungan.
- Menjadi prilaki.
- Berani mencoba sesuai minat dan bakat.
- Tekun berlatih.
- Pantang menyerah.
- Fokus.
--==Kualitas Spiritual==--
Ciri remaja dengan kualitas spiritual yang baik:
- Punya visi hidup.
- Punya prinsip hidup yang mengarah (agama).
- "Bikin hidup lebih hidup" alias hidupnya bermakna.
- Mendapat kepuasan dengan berbuat atau memberi kepada sesama.
Nah ini tipsnya untuk meningkatkan kualitas spiritual:
- Kontemplasi visi hidup. (jangan tanya saya juga bingung..)
- Memperdalam agama.
- Ngobrol dengan banyak kalangan terutama yang mencerahkan.
- Perhatikan dunia secara lebih luas, pikirkan apa yang dapat kau lakukan.
- LIbatkan diri secara totalilas pada setiap aktivitas yang telah dipilih.
- Baca
--==Kualitas Motivasi==--
Ciri yang memiliki kualitas motivasi baik adalah:
- "Ku tahu yang ku mau" alias punya misi hidup.
- Memiliki tanggung jawab.
- Endurance tinggi.
- Punya daya dorong untuk mencapai puncak.
- Tidak menyerah.
- Dinamis.
Tipsnya adalah:
- Kenali keinginan diri.
- Rencanakan misi hidup.
- kembangkan potensi.
- Ambil tanggung jawab.
- Lakukan yang berarti bagi diri kita.
- Berbuatlah untuk orang lain.
--==Kualitas Afektif==--
Wah akhirnya nih kualitas yang terakhir.. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Mengenali emosinya.
- Memiliki sifat empati.
- Bersifat Asertif, tidak submisif ataupun agresif.
- Hubungan yang akrab & banyak teman.
- Harmonis dalam bekerja sama.
- Humoris tapi tidak menyakiti.
Dan tips agar menjadi remaja dengan kualitas afektif adalah:
- Melatih kecerdasan emosi.
- Mengenali kecenderungan & sifat diri.
- Pahamilah orang lain dari sudut pandangannya.
- Berlatih bekerja sama.
- "Im OK, are you OK?" Bersikap asertif.
- Mau membuka diri agar dipahami.
Nah itu bagian bagian dari remaja yang berkualitas.. Bosen ya?? Sayang sih tadi gak dateng padahal kak Malik membawakan materi ini dengan baik, seru dan asyik lho.. Haha..
Jika kita ibaratkan, remaja berkualitas ini ibarat KIJANG.. KIJANG?? Ya KIJANG:
Kuat fisiknya
Indah prilakunya
Jelas visinya
Atur emosinya
Nge-dunia wawasannya
Gigih motivasinya
Salamatu SHADR
Kak malik juga bagi tips nih biar ukuwah kita tetap terjaga yaitu:
- Berjabat tangan
- Memberi salam
- Senantiasa ramah
- Bertukar hadiah
- Memberi selamat.
- Saling mendo'akan
- Dan saling menyatakan cinta.
Tipe Tipe Manusia
Kak malik juga menjelaskan macam macam jenis dari manusia..
Ada yang sanguinis, melankolis, koleris dan plegmagtis.. Saya capek jelasinnya jadi langsung cek aja ya kamu termasuk golongan yang mana..
Klik sini aja.. (Pakai aplikasi facebook) Kuis Tipe Manusia
Materi III - Probleme Solving
Karna tadi malam saya belajar kimia hingga pagi, jadi saya sudah mulai ngantuk pada materi ini.. Namun saat terbangun saya nyeletuk "Commitment is the key of success!!" jadi saya rasa itu inti dari materi ini.. XD
============================================
Semoga bermafaat, yang nulis gak keberatan kok di do'akan agar menjadi anak yang sholeh, berbakti pada tanah air, bermanfaat bagi orang banyak, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, pintar, cakep luar dalem dan banyak duit.. Haha.. Amieen..
Kalo mau copas copas aja, ilmu bukan punya saya kok.. Ilmu adalah rahmat dari yang Maha Mengetahui untuk semua orang..
Dauroh FKAR @Al - Amin
PANCASILA
Sejarah Pancasila:
-Jepang kalah dalam perang pasifik.
-Jepang berusaha menarik perhatian Bangsa Indonesia.
-Pada September 1944 PM.Kaiso memberi janji kemerdekaan
-Dibentuknya Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUKI) 28 Mei 1945
-Sidang I dilaksanakan pada 29 Mei - 1 Juni 1945
-Sidang BPUPKI II (10-17 Juli 1945)
Rumusan Detinitif Pancasila (Setelah Perubahan)
=====================================================
IDEOLOGI
Pengertian Ideologi:
Ideo => Ide, gagasan, pemikiran, konsep dll.
Logi => Ilmu.
Jadi pengertian Ideologi adalah:
Sedangkan Ideologi Negara adalah:
Ideologi terbagi menjadi 2: Ideologi terbuka dan Ideologi tertutup.
Ideologi terbuka:
Ideologi tertutup:
Pancasila bersifat DINAMIS:
=====================================================
NILAI
Nilai adalah seseatu yang dianggap baik dan benar. Bersifat lebih abstrak dibandingkan norma.
Seseatu dikatakan Nilai apabila:
Pancasila sebagai sumber nilai artinya: Segala hukum, kegiatan, partisipasi, pergaulan didasari dan berdasarkan pancasila.
Pancasila merupakan acuan utama bagi pembentukan hukum nasional, kegiatan penyelenggaraan negara, pertisipasi warga negara dan pergaulan antar warga negara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
Nilai dibagi menjadi 3:
-Nilai Material (Jasmani)
-Nilai Rohani (Ruh)
-Nilai Vital (Kegiatan)
=====================================================
PARADIGMA PEMBANGUNAN
Paradigma adalah anggapan anggapan dasar yang membentuk kerangka keyakinan. Ia berfungsi sebagai acuan, pedoman, kiblat untuk melihat persoalan dan bagaimana cara menyelesaikannya.
Makna Pembangunan Nasional: Upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan mesyarakat, bangsa, dan negara yang juga merupakan proses pengambangan keseluruhan sistem penyelenggaraan negara untuk mewujudkan tujuan bersama.
Hakikat Pembangunan Nasional: Pembangunan Manusia Indonesia Seutuhnya dan Masyarakat Indonesia seluruhnya.
Tujuan Pembangunan Nasional: Untuk mewujudkan tujuan nasional seperti termaktub pada Pembukaan UUD Alinea Ke IV.
=====================================================
Semoga membantu..
Sumber: Buku Catatan
Sejarah Pancasila:
-Jepang kalah dalam perang pasifik.
-Jepang berusaha menarik perhatian Bangsa Indonesia.
-Pada September 1944 PM.Kaiso memberi janji kemerdekaan
-Dibentuknya Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUKI) 28 Mei 1945
-Sidang I dilaksanakan pada 29 Mei - 1 Juni 1945
3 Tokoh mengemukakan pendapat, yaitu Moh.Yamin, Sopomo, Soekarno.-Pada seling antara sidang BPUPKI I dan II diadakan rapat panitia 9. Menghasilkan Piagam jakarta.
Anggota Panitia 9: Soekarno, M.Hatta, M.Yamin, Maramis, Sopomo, Abikusno, Agus Salim, Abdul Kahar, Wahid Hasyim.-Isi dari Piagam Jakarta sendiri adalah:
1. Ketuhanan YME dengan kewajiban menjalankan syari'at islam bagi pemeluk-pemeluknya.(Nantinya akan terdapat kontra pada sila 1)
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
-Sidang BPUPKI II (10-17 Juli 1945)
- Pembentukan RUUD-7 Agustus dibentuklah PPKI, mengambil beberapa keputusan:
- Laporan hasil Panitia 9
-Mengesahkan UUD
-Mengesahkan Pembukaan UUD
-Memilih Presiden dan wakilnya.
-Untuk sementara Presiden dibantu Komite Negara
-Sila pertama diubah
Rumusan Detinitif Pancasila (Setelah Perubahan)
1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
=====================================================
IDEOLOGI
Pengertian Ideologi:
Ideo => Ide, gagasan, pemikiran, konsep dll.
Logi => Ilmu.
Jadi pengertian Ideologi adalah:
Cita-cita, Ide, gagasan, sikap yang mendasari cara hidup suatu kehidupan.
Sedangkan Ideologi Negara adalah:
Seperangkat konsep, Ide, gagasan, pemikiran, cita-cita yang dianggap baik dan benar dan berusaha untuk mewujudkannya.
Ideologi terbagi menjadi 2: Ideologi terbuka dan Ideologi tertutup.
Ideologi terbuka:
-Nilai nilainya di ambil dari kekayaan moral bangsa
-Cita-cita dan kesepakatan bersama.
-Menginspirasi hidup bebas dan bertanggung jawab.
-Menghargai Pluralisme
-Isinya tidak langsung Operasional
Ideologi tertutup:
- Nilainya akan di ubah sesuai Ideologi tertentu
-Cita cita dan kesepakatan kelompok
-Mencakup segala bidang / Totaliter
-Anti Pluralisme
-Isinya langsung Operasional.
Pancasila bersifat DINAMIS:
Yaitu pancasila dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kehidupan manusia namun tidak merubah dasar dasarnya.
=====================================================
NILAI
Nilai adalah seseatu yang dianggap baik dan benar. Bersifat lebih abstrak dibandingkan norma.
Seseatu dikatakan Nilai apabila:
-Mendarah Daging. (Di bawah alam sadar)
-Dominan. (lebih penting dari yang lain) Baik dalam bentuknya, lamanya, tinggi usahanya dan tingkat kedudukannya.
Pancasila sebagai sumber nilai artinya: Segala hukum, kegiatan, partisipasi, pergaulan didasari dan berdasarkan pancasila.
Atau
Pancasila merupakan acuan utama bagi pembentukan hukum nasional, kegiatan penyelenggaraan negara, pertisipasi warga negara dan pergaulan antar warga negara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
Nilai dibagi menjadi 3:
-Nilai Material (Jasmani)
-Nilai Rohani (Ruh)
-Nilai Vital (Kegiatan)
=====================================================
PARADIGMA PEMBANGUNAN
Paradigma adalah anggapan anggapan dasar yang membentuk kerangka keyakinan. Ia berfungsi sebagai acuan, pedoman, kiblat untuk melihat persoalan dan bagaimana cara menyelesaikannya.
Makna Pembangunan Nasional: Upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan mesyarakat, bangsa, dan negara yang juga merupakan proses pengambangan keseluruhan sistem penyelenggaraan negara untuk mewujudkan tujuan bersama.
Hakikat Pembangunan Nasional: Pembangunan Manusia Indonesia Seutuhnya dan Masyarakat Indonesia seluruhnya.
Tujuan Pembangunan Nasional: Untuk mewujudkan tujuan nasional seperti termaktub pada Pembukaan UUD Alinea Ke IV.
=====================================================
Semoga membantu..
Sumber: Buku Catatan
SUKSES Ulangan Harian PPKn 1..!!
Wooke.. Kali ini saya akan men-share tugas MTK yang saya sendiri gak ngerti judulnya apa.. XD
Page 1
Page 2
Page 3
Page 4
Saya cuma mau mengingatkan.. Maksud saya disini hanya men-share kalo kalo anda bingung.. Jangan ditelen bulat bulat, saya mungkin salah.. Kalo bingung tanya ja.. ^^
*Maaf tulisnya ala kadarnya..
Page 1
Page 2
Page 3
Page 4
Saya cuma mau mengingatkan.. Maksud saya disini hanya men-share kalo kalo anda bingung.. Jangan ditelen bulat bulat, saya mungkin salah.. Kalo bingung tanya ja.. ^^
*Maaf tulisnya ala kadarnya..
Tugas MTK.. Senin 15 Agustus 2011
Wooke.. Kembali lagi bersama saya dalam blog kesayangan kita "The Blog 25"..
Kali ini karna nganggur, saya akan membahas tentang "Glikolisis" yang ada pada respirasi (katabolisme)..
Sebelumnya taukah anda tentang Katabolisme?? Kalo menurut mbah Wiki sih..
Katabolisme terbagi lagi mejadi katabolisme karbohidrat, lemak dan protein.. Glikolisis sendiri ada pada katabolisme karbohidrat pada proses respirasi..
Wookee.. Langsung aja ke toput..
==============================================================
Respirasi --> Merupakan peristiwa oksidasi biologis yang menggunakan oksigen sebagai akseptor (penerima) elektron terakhir..
Ada 4 tahap reaksi respirasi aerob.. Sekarang kita bahas Glikolisis dlu aja ya..
==============================================================
A. Glikolisis
Glikolisis adalah peristiwa penguraian Glukosa (6 atom) menjadi asam piruvat (3 atom) dan terjadi pada sitoplasma sel..
Biar ngerti mari kita lihat gambar berikut:
Ok jujur, saya tambah bingung pas liat gambar ini.. Jadi mari kita uraikan gambar di atas..
Tahap-tahap glikolisis:
1) Forfolisasi Glukosa
Setau saya yang namanya forfolisasi itu butuh ATP dan menghasilkan ADP + H+ .. Enzim: Heksokinase
2) Pengubahan Glukosa jadi Fruktosa
Enzim: Fosfoglukoisomerase
3) Forfolisasi Fruktosa
Enzim: Fosfofruktokinase
4) Penguraian Fruktosa 1,6-difosfat
Fruktosa 1,6-difosfat diurai menjadi 2 jenis trio fosfat, yaitu gliseraldehid 3-fosfat dan dihidroksiaseton fosfat.. Enzim: Aldolase
5) Pengubahan dihidroksiaseton fosfat
Nah, dihidroksiaseton fosfat itu gak bisa diurai pada proses glikolisis.. jadi diubah dlu biar kyak temennya.. Menjadi gliseraldehid 3-fosfat..
Enzim: Isomerase Triosa Fosfat
6) Pengoksidasian gliseraldehid 3-fosfat
Gliseraldehid 3-fosfat di oksidasi menjadi 3-fosfogliseroil fosfat.. 3-fosfogliseroil fosfat merupakan senyawa dengan energi yang besar..
Enzim: Dehidrogenase gliseraldehid
7) Pengubahan 3-fosfogliserol fosfat menjadi 3-fosfogliseraldehid dan ATP
Enzim: Fosfogliseraldehid Kinase
8) Pengubahan 3-fosfogliseraldehid menjadi 2-fosfogliseraldehid
Sekarang.. si fosfogliseraldehid turun level nih.. Haha..
Enzim: Fosfogliseraldehid Mutase
9) Pengubahan 2-fosfogliseraldehid menjadi fosfoenol piruvat dan H2O
Unsur air pada 2-fosfogliseraldehid dilepas menyebabkannya menjadi fosfoenol piruvat dan air..
Enzim: Enolase
10) Fosfoenol piruvat menjadi Piruvat
Enzim: Piruvat Kinase
Pada tahap selanjutnya proses tergantung pada kondisi aerob sel..
Namun sebelumnya mari kita hitung ATP yang di hasilkan..
Jadi pada proses glikolisis terbentuk 2 ATP..
Tunggu dlu, si piruvat nasibnya gimana tuh?? Yuk telusuri lagi..
==============================================================
Nasib Piruvat ditentukan oleh kondisi Aerob sel..
A. Aerob
Dalam keadaan Aerob piruvat akan menjadi asetil KoA dan masuk ke Siklus Krebs..
Piruvat tidak direduksi dan ia merupakan prosuk akhir dari proses Glikolisis
NADH akan di oksidasi kembali, menjadi..
B. Anaerob
Jika sel dalam keadaan Anaerob piruvat akan berubah menjadi Asam Laktat (pada otot), dibantu oleh enzim : laktat dehidrogenase.. Asam Laktat ini yang membuat otot kita terasa pegal..
Jadi dalam keadaan Anaerob bisa disimpulkan seperti ini:
Wooke.. Sampe situ dlu ya.. Dah mau tidur yang nulis.. Haha.. Lain waktu kita lanjutkan ke Siklus Krebs..
NB: BOLEH DI COPY!! BOLEH DI AMBIL!! BOLEH DI SEBARKAN!! Yang nulis juga gak keberatan kalo dido'ain biar lebih menguasai materi ini.. :3
Kali ini karna nganggur, saya akan membahas tentang "Glikolisis" yang ada pada respirasi (katabolisme)..
Sebelumnya taukah anda tentang Katabolisme?? Kalo menurut mbah Wiki sih..
"Katabolisme adalah lintasan metabolisme yang merombak suatu substrat kompleks molekul organik menjadi komponen-komponen penyusunnya sambil melepaskan energi, pada umumnya berupa ATP."
Katabolisme terbagi lagi mejadi katabolisme karbohidrat, lemak dan protein.. Glikolisis sendiri ada pada katabolisme karbohidrat pada proses respirasi..
Wookee.. Langsung aja ke toput..
==============================================================
Respirasi --> Merupakan peristiwa oksidasi biologis yang menggunakan oksigen sebagai akseptor (penerima) elektron terakhir..
"O2 dan H2 ditangkap NAD.. Sehingga NAD menjadi NADH2.. Kemudian melepas kembali H2 dan elektron sehingga terbentuk NAD + H2O"
Ada 4 tahap reaksi respirasi aerob.. Sekarang kita bahas Glikolisis dlu aja ya..
==============================================================
A. Glikolisis
Glikolisis adalah peristiwa penguraian Glukosa (6 atom) menjadi asam piruvat (3 atom) dan terjadi pada sitoplasma sel..
Biar ngerti mari kita lihat gambar berikut:
Ok jujur, saya tambah bingung pas liat gambar ini.. Jadi mari kita uraikan gambar di atas..
Tahap-tahap glikolisis:
1) Forfolisasi Glukosa
Setau saya yang namanya forfolisasi itu butuh ATP dan menghasilkan ADP + H+ .. Enzim: Heksokinase
ATP + Glukosa --> Glukosa 6-fosfat + ADP + H+
2) Pengubahan Glukosa jadi Fruktosa
Enzim: Fosfoglukoisomerase
Glukosa 6-fosfat <--> Fruktosa 6-fosfat
3) Forfolisasi Fruktosa
Enzim: Fosfofruktokinase
ATP + Fruktosa 6-fosfat --> Fruktosa 1,6-difosfat + ADP + H+
4) Penguraian Fruktosa 1,6-difosfat
Fruktosa 1,6-difosfat diurai menjadi 2 jenis trio fosfat, yaitu gliseraldehid 3-fosfat dan dihidroksiaseton fosfat.. Enzim: Aldolase
Fruktosa 1,6-difosfat --> gliseraldehid 3-fosfat + dihidroksiaseton fosfat
5) Pengubahan dihidroksiaseton fosfat
Nah, dihidroksiaseton fosfat itu gak bisa diurai pada proses glikolisis.. jadi diubah dlu biar kyak temennya.. Menjadi gliseraldehid 3-fosfat..
Enzim: Isomerase Triosa Fosfat
gliseraldehid 3-fosfat <--> dihidroksiaseton fosfat
6) Pengoksidasian gliseraldehid 3-fosfat
Gliseraldehid 3-fosfat di oksidasi menjadi 3-fosfogliseroil fosfat.. 3-fosfogliseroil fosfat merupakan senyawa dengan energi yang besar..
Enzim: Dehidrogenase gliseraldehid
gliseraldehid 3-fosfat + NAD+ + Pi <--> 3-fosfogliserol fosfat + NADH + H+
7) Pengubahan 3-fosfogliserol fosfat menjadi 3-fosfogliseraldehid dan ATP
Enzim: Fosfogliseraldehid Kinase
3-fosfogliserol fosfat ADP --> 3-fosfogliseraldehid + ATP
8) Pengubahan 3-fosfogliseraldehid menjadi 2-fosfogliseraldehid
Sekarang.. si fosfogliseraldehid turun level nih.. Haha..
Enzim: Fosfogliseraldehid Mutase
3-fosfogliseraldehid --> 2-fosfogliseraldehid
9) Pengubahan 2-fosfogliseraldehid menjadi fosfoenol piruvat dan H2O
Unsur air pada 2-fosfogliseraldehid dilepas menyebabkannya menjadi fosfoenol piruvat dan air..
Enzim: Enolase
2-fosfogliseraldehid --> fosfoenol piruvat + H2O
10) Fosfoenol piruvat menjadi Piruvat
Enzim: Piruvat Kinase
Fosfoenol piruvat + ADP --> Piruvat + ATP==============================================================
Pada tahap selanjutnya proses tergantung pada kondisi aerob sel..
Namun sebelumnya mari kita hitung ATP yang di hasilkan..
"Ngutang 2 ATP, menghasilkan ATP 2 kali.. Dan setiap kali menghasilkan ATP itu langsung 2 ATPnya.. Hmm.."
Kalo gitu bisa ditulis: -2 ATP + 2(ATP) + 2(ATP) = +2 ATP
Jadi pada proses glikolisis terbentuk 2 ATP..
Tunggu dlu, si piruvat nasibnya gimana tuh?? Yuk telusuri lagi..
==============================================================
Nasib Piruvat ditentukan oleh kondisi Aerob sel..
A. Aerob
Dalam keadaan Aerob piruvat akan menjadi asetil KoA dan masuk ke Siklus Krebs..
Piruvat tidak direduksi dan ia merupakan prosuk akhir dari proses Glikolisis
Glukosa + 2 ADP + 2 NAD+ --> 2 Piruvat + 2 ATP + 2 NADH + 2H+ + 2 H2O
NADH akan di oksidasi kembali, menjadi..
2 NADH + 2H+ + O2 --> 2NAD+ + 2 H2O
B. Anaerob
Jika sel dalam keadaan Anaerob piruvat akan berubah menjadi Asam Laktat (pada otot), dibantu oleh enzim : laktat dehidrogenase.. Asam Laktat ini yang membuat otot kita terasa pegal..
Piruvat + NADH + H+ --> Laktat + NAD+
Jadi dalam keadaan Anaerob bisa disimpulkan seperti ini:
Glukosa + 2 ADP --> 2 Laktat + 2 ATP + 2 H2O==============================================================
Wooke.. Sampe situ dlu ya.. Dah mau tidur yang nulis.. Haha.. Lain waktu kita lanjutkan ke Siklus Krebs..
NB: BOLEH DI COPY!! BOLEH DI AMBIL!! BOLEH DI SEBARKAN!! Yang nulis juga gak keberatan kalo dido'ain biar lebih menguasai materi ini.. :3
Katabolisme: Respirasi --> Glikolisis
Series Information
Title:
Kimikiss Pure Rouge
Type:
TV Series, 24 episodes
Year:
Oct 7, 2007 to Mar 23, 2008
Genre:
Comedy, Romance, School Life, Slice of Life
Kouichi Sanada and Kazuki Aihara's childhood friend Mao Mizusawa has returned after living in France for a couple of years. Kouichi is surprised to learn that, since her parents are remaining overseas for the time being, his mother has agreed to let Mao stay with them. The three friends help each other deal with the ups and downs of high school romance.
Buat Nonton -->Click!!!<--
Kimi Kiss Pure Rouge
Series Information
Title:
Toradora!
Type:
TV Series, 25 episodes
Year:
Oct 2, 2008 to Mar 26, 2009
Genre:
Comedy, Romance, School Life, Slapstick, Slice of Life
Status:
Complete
It’s a new school year and Ryuuji Takasu discovers not only is he in the same class as his best friend, Yusaku Kitamura, but also Minori Kukshieda whom he's had an undisclosed crush on for quite some time. Along with Kitamura and Minori is Minori's best friend, the “Palmtop Tiger”, tiny Taiga Aisaka whom, despite her small stature, takes nothing from nobody. (When unflattering pictures of her in a bathing suit were circulated, “Of course, I made it rain blood in the photography club.”) Taiga is secretly in love with Kitamura and she and Ryuuji, despite an oil and water relationship, agree to mutually support each other in their quests for their heart’s desire.
Klick Buat Nonton --->Click!!<---
Toradora!!
The story centers around Akihisa Yoshii, the "baka" of the title. His academy rigidly divides up the student body into classes based on the results of tests. The prodigies are in the A class with reclining seats complete with air conditioning, but Akihisa is in F class, the lowest rung of the school ladder which is furnished only with low, decrepit tables and worn-out straw tatami mats. A girl named Mizuki Himeji is actually one of the smartest girls in Akihisa's sophomore year, but she had a fever on test day and was pigeonholed into the F class. Besides Mizuki (who Akihisa secretly adores), the F class also has Yūji Sakamoto, the class president who has been Akihisa's friend and partner-in-crime since the freshman year. The school happens to have developed experiments to summon fantasy creatures, and Akihisa decides to rally F class to take on the higher-tiered classes and seize their perks. The F class uses the summoned creatures in an all-out battle for school supremacy.
Wahahaha!! Kocak dah nih anime. Disetiap episodenya pasti gw ketawa.
Yang mau liat tinggal --->Click!!<---
Baka to Test to Shoukanju
Wah" udah mana gak nge-blog.. :p
Mau share anime.. Udah lama sih nih anime tapi lumayan bagus!!
Preview cerita:
Jadi di sekolah penyihir, ada murid namanya louise. Dia sering di ejekin temen"nya gara" gak becus nyihirnya alias selalu gagal. keberhasilannya 0%, miris amat. Nah tiba waktunya dimana setiap murid harus memanggil familiar spiritnya. Waktu louise mau manggil eh yang kepanggil bukanya momon kyak naga, macan, uler eh malah anak cowok. Dan bagaimana selanjutnya??
Nonton aja sendiri!!
NB: Louise cewe! Anime ini udah sampe season yang ke 4 lho!!
Zero no tsukaima!!

5 Sentimeter Per Second: rantai cerita pendek (秒 速 5 センチメートル アチ ェイ ンオブショートストリーズアバウトゼアディスタンス, Byōsoku Go Senchimētoru sebuah chein OBU shōto sutorīzu abauto zea disutansu?), Adalah tahun 2007 Jepang film dengan fitur animasi Makoto Shinkai. Film ini selesai pada tanggal 22 Januari 2007 [1] Bagian pertama dari film tersebut memulai debutnya pada Yahoo video streaming Jepang sebagai anggota Premium ke Yahoo! dari 16 Februari - 19 Februari 2007!.. 3 [2] Pada bulan Maret 2007, yang penuh panjang menampilkan film telah perdana teater yang di Naik Cinema di Shibuya, Tokyo. [3] Film ini terdiri dari tiga segmen: Cherry Blossom (桜 花 抄, Ōkashō?), kosmonot (コスモナウト, Kosumonauto),? dan 5 cm per Kedua (秒 速5 センチメートル, Byōsoku 5 Senchimētoru?), sejumlah sekitar satu jam runtime. Seperti dalam karya-karya sebelumnya Shinkai's, Tenmon disusun untuk soundtrack film ini. Album ini dirilis pada tanggal 19 Juli 2007. Sebuah novel dari 5 Sentimeter Per Second dijual di pasar Jepang, [4] yang mencakup cerita yang tidak ditampilkan dalam anime.
-Wikipedia-
Keren nih anime Ceritanya dalem. Nembus sampai ke hati. Nonton deh serius. Jadi ceritanya menceritakan tentang dua orang sahabat yang sudah bersahabat dari kecil, tapi akhirnya berpisah. (bisa di sebut juga pasangan :p)
Cekidot..
[Recommended] 5 Centimeters Per Second

HITOHIRA..
hitohira ひと (ひら?, lit. Petal) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh penulis manga Jepang Izumi Kirihara. Cerita ini berkisah tentang seorang gadis pemalu bernama Mugi Asai yang tidak yakin bergabung dalam klub apa di sekolahnya, tanpa ia sadari ia terseret ke Drama Research Society dan menjadi anggota. manga ini pertama kali serial di majalah Seinen manga Jepang Komik Tinggi! pada tanggal 22 Maret 2004, dan diterbitkan oleh Futabasha. Manga telah dilisensi untuk distribusi di Amerika Utara oleh Aurora Publishing; volume pertama dan kedua berada di luar jatuh tempo pada bulan Oktober dan Desember 2008. [1] Sebuah adaptasi anime yang disiarkan di Jepang antara Maret 28 Desember 2007 dan 13 Juni 2007 , berisi dua belas episode.
Ceritanya seru, Berkisah tentang si Mugi yang pemalu. Tapi suara bisa menjadi besar di saat-saat tertentu.. Cekidot..