Posted by : The Blog 25
Selasa, 12 Februari 2013
Assalamualaykum.
Pada posting-an sebelumnya saya telah sedikit membahas mengenai Public Realtion (PR) atau yang biasa kita sebut Humas. Dalam post kali ini saya akan membagikan pengalaman saya sebagai PR / humas. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.
Saat SMA saya dijebak oleh salah satu teman saya, sehingga saya terdaftar dalam kepengurusan ROHIS masa itu. Awalnya saya sedikit kesal, namun seiring berjalannya waktu ternyata saya nyaman dengan organisasi kerohanian islam itu. Setelah itu saya di amanahi oleh ketua saya untuk menjadi kordinator seksi media. Pada seksi ini ikhwannya hanya 2 yaitu saya (bawah kedua dari kiri) dan akh Anto (pojok kanan bawah). Di mana seksi media itu sendiri adalah pergantian nama dari seksi humas, jadi pekerjaan yang dilakukan sama dengan seksi humas pada umumnya.
Pada tahap awal kami diarahkan untuk membuat beberapa proker dan progres sementaranya, kurang lebih seperti ini:
Proker media
Blog dan Grup Facebook
Tujuan: Menyebarkan dakwah pengetahuan islam dan informasi rohis 90 melalui dunia maya.
Waktu pelaksanaan:
1. Grup FB: seminggu 1x
2. Blog rohis: 2 minggu sekali
PJ: Yoga Ady Samudra dan Bramantyo dwi hardianto
Progress: Pasword blog sudah di ketahui, masalah grup tinggal menunggu konfirmasi tuk jadi admin.
Sasaran: teman-teman di fb dan orang-orang di dunia maya.
Pamflet
Tujuan: Untuk mengajak kehadiran siswa pada suatu acara.
Waktu pelaksanaan: 1x seminggu
PJ: Liza nurita dan eka fentia istiqomah
Sasaran: Adik-adik kelas 10
Mading
Ind.Kuantitatif: +- 150 orang
Ind.Kuanlitatif: Memberikan informasi pembaca tentang pengetahuan islam, dan menambah wawasan terhadap informasi terkini.
PJ: Eka septi isnawati ningsih
-Rana hafizah
Waktu pelaksanaan: 1 bulan sekali (pada sabtu pertama)
Comic Islamic rohis 90
Ind.Kuantitatif: 30 copy
Ind. Kualitatif: Menyampaikan pesan moral melalui media berupa komik.
Tujuan : Menghibur sekaligus menambah wawasan tentang islam.
Waktu: sebulan sekali.
PJ: Yoga dan anto/p>
Blog dan Grup Facebook
Tujuan: Menyebarkan dakwah pengetahuan islam dan informasi rohis 90 melalui dunia maya.
Waktu pelaksanaan:
1. Grup FB: seminggu 1x
2. Blog rohis: 2 minggu sekali
PJ: Yoga Ady Samudra dan Bramantyo dwi hardianto
Progress: Pasword blog sudah di ketahui, masalah grup tinggal menunggu konfirmasi tuk jadi admin.
Sasaran: teman-teman di fb dan orang-orang di dunia maya.
Pamflet
Tujuan: Untuk mengajak kehadiran siswa pada suatu acara.
Waktu pelaksanaan: 1x seminggu
PJ: Liza nurita dan eka fentia istiqomah
Sasaran: Adik-adik kelas 10
Mading
Ind.Kuantitatif: +- 150 orang
Ind.Kuanlitatif: Memberikan informasi pembaca tentang pengetahuan islam, dan menambah wawasan terhadap informasi terkini.
PJ: Eka septi isnawati ningsih
-Rana hafizah
Waktu pelaksanaan: 1 bulan sekali (pada sabtu pertama)
Comic Islamic rohis 90
Ind.Kuantitatif: 30 copy
Ind. Kualitatif: Menyampaikan pesan moral melalui media berupa komik.
Tujuan : Menghibur sekaligus menambah wawasan tentang islam.
Waktu: sebulan sekali.
PJ: Yoga dan anto/p>
Contoh proker yang mengalami kendala adalah pamflet, karena pada acara acara besar sudah tersedia seksi humas dan perlengkapan sendiri untuk menyediakannya. Walau pada praktiknya seksi media turut membantu dalam pembuatan pamflet, spanduk, tiketing dan lain lain.
Saat memegang seksi media apa yang kami sebarkan ke masyarakat berpengaruh pada organisasi, untuk skala ini masyarakatnya adalah siswa/i, guru dan karyawan sekolah. Biasanya mereka akan cepat merespon apa yang kami sebarkan karna skala lingkupnya masih kecil (sekolah). Terkadang kami mendapat respon positif, namun kadang negatif. Namun disitulah yang membuat seru.
Kadang semangat mulai turun untuk mengerjakan proker, namun semangat itu bangkit lagi saat masyarakat mulai menanyakan / membahas tentang proker kami. Bisa dari adik kelas "Mana kak komiknya bulan ini kok blum ada? Mau baca nih." atau bahkan dari guru "Islam itu mecakup seluruh pengetahuan, coba kalian baca mading rohis itu tentang ....". Kalo sudah seperti itu semangat akan muncul kembali deh.
Kami juga merasa senang saat mading ramai dibaca, atau saat desain kami terpampang di sekolah. Subhanallah. Sebuah kebanggaan tersendiri.
Dari situ kami tahu, bahwa apa yang kami sampaikan harus kami perhatikan dengan baik, karna informasi yang kita berikan akan tersebar kebanyak orang. Pesan dari saya saat menjadi seksi humas atau PR adalah istiqomah, karna sepengalaman saya seksi ini lebih fleksibel dari seksi lainnya hanya keistiqomahannya dituntut lebih,
Ya, begitulah pengalaman saya seputar seksi media atau humas. Semoga pengalaman tersebut bermanfaat bagi antum.
Wassalamualaykum.