Posted by : The Blog 25
Selasa, 12 Februari 2013
Assalamualaykum.
Kali ini saya akan membahas seputar Public Relation, informasi yang saya dapat sebagian besar diambil dari Wikipedia. Namun disini saya sajikan kembali dengan bahasa yang lebih mudah dimengeri dan ringkas.
Public Relation (PR) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan humas adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terus menerus yang bertujuan memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu Organisasi. Jadi PR tidak hanya bekerja jika ada penolakan dari masyarakat. Melainkan bekerja secara terus menerus. Perlu di ingat PR adalah program jangka panjang.
Untuk mencapai tujuan tersebut PR harus dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:
Memberi kesan
Kesan yang dimaksud adalah gambaran yang dapat masyarakat terima mengenai sebuah hal yang ingin disampaikan.
Memberi pengetahuan dan pengertian
PR memiliki peran penting dalam menginformasikan pengetahuan dan pengertian pada publik baik internal (dalam organisasi) maupun eksternal (luar organisasi) sehingga ketidakpedulian terhadap suatu hal dapat dihilangkan.
Menciptakan Ketertarikan
Kertertarikan tersebut dapat berguna dalam memberi pengaruh terhadap masyakarat dalam mencapai tujuan organisasi.
Membuka penerimaan
Tidak semua hal yang dilakukan dapat diterima masyarakat, oleh karna itu PR harus menjelaskan sebuah kejadian dengan sejelas-jelasnya dan terperinci sehingga masyarakat yang tadinya tidak menerima menjadi lebih terbuka.
Menarik simpati
PR harus dapat menarik simpati masyarakat dengan memberi informasi yang jelas.
Adapun tugas-tugas humas adalah sebagai berikut:
Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan. Contoh: Bank Niaga saat menggelar tema "Cinta".
Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dan elektronik.
Komunikasi interaktif. Contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, seperti yang sekarang sedang dilakukan oleh Izzati FT Undip.
Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya. Contoh: kegiatan sponsor: Dari Mayora.
Iklan multiguna (memanfaatkan momentum psikologis). Contoh: bukan basa-basi.
Penjualan simpatik. Contoh: Aqua menyisihkan hasil penjualan untuk pipa mengalirkan air di kawasan timur Indonesia.
Melakukan iklan layanan masyarakat.
Pemasaran dari mulut kemulut. Contoh: Taksi Bluebird dalam memasarkan reputasi yang baik jarang menggunakan iklan media massa.
Ajang pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak. Contoh: Ajang Jakarta Fair
Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan. Contoh: Layanan purna jual, dsb.
Dengan Public Relation atau Humas yang baik Insya Allah citra sebuah organisasi akan semakin baik, dan kegiatan yang diadakan oleh organisasi tersebut akan mendapat dukungan dan respon yang baik dari masyarakat. Aamiin.
Wassalamualaykum.